×

Blog

Tips Bisnis Laundry Kiloan

 

Anda seorang pekerja ? bosan dengan pekerjaan anda? Bosan di marahi bos ? pasti anda sedang bingung ingin berbisnis tapi tapi budget pas pasan? Bisnis yang bisa di kerjakan di rumah juga? Ya, bisnis laundry kiloan bisa menjadi alternative yang sesuai dengan keadaan anda. Memang bisnis ini bukan bisnis baru, bisnis ini sudah lama berkembang di kalangan masyarakat kita. Pasti yang terlintas di fikiran anda tentang laundry adalah mesin cuci namun bukan hanya itu penunjang bisnis laundry, masih banyak alat untuk menjalankan bisnis ini. Tidak sedikit orang yang bisnis laundry menjadi pebisnis yang berhasil. Banyak pebisnis yang besar tentu dengan modal yang besar juga, berminat untuk membuka cabang /franchise di bisnis ini. Karena memang bisnis ini mempunyai potensi yang menjanjikan dan jangka panjang.
Bisnis ini dengan cepat berkembang karena memiliki banyak faktor dan gaya hidup masyarakat inonesia, yang ingin serba instan dan praktis jadi mereka lebih memilih jasa yang menyediakan layanan cuci laundry kiloan seperti pelajar/mahasiswa yang mungkin mereka lebih senang menggunakan jasa laundry di banding cuci sendiri dan juga tingkat kesibukan masyarakat apalagi di daerah kota, mereka sudah di sibukan oleh pekerjaan mereka sendiri, maka dari itu kebanyakan pekerja di kota menggunakan jasa layanan laundry. Bukan hanya itu saja, bahkan ibu rumah tangga jaman now juga tidak sedikit yang menggunakan jasa ini.
Karena sudah mulai banyak yang tertarik dengan bisnis ini, anda harus memiliki strategi khusus untuk mendapatkan pelanggan dan membuat pelanggan/konsumen pertama kita tertarik dan betah menggunakan jasa cuci laundry kiloan kita, yang pasti tempat laundry kita mempunyai pemasaran dan tempat yang strategis seperti di kawasan tempat kos kosan mahasiswa, atau dekat pesantren, perkantoran, atau perumahan.
Alat yang harus anda punya dalam menjalankan bisnis ini adalah :
• Mesin Cuci (bisa yang sekaligus ada pengering atau terpisah)
• Setrika, bisa setrika uap atau setrika listrik biasa
• Timbangan (biasanya timbangan digital)
• Detergen dan pewangi
• Ember dan bak untuk cucian
• Hanger
• Rak besi
Setelah anda memiliki alat alat yang di butuhkan untuk laundry, sekarang anda tinggal menentukan standar operasional di tempat cuci laundry anda, buatlah prosedur standar kerjanya, seperti :
• Menentukan takaran detergen serta pewangi di setiap pencucian
• Membedakan kepemilikan baju yang laundry di tempat anda
• Bahan yang habis d pakai seperti detergen, apabila sudah mau habis harus langsung stock ulang
• Cari pemasuk terbaik dan juga bisa anda percaya agar demi kelancaran usaha anda

Langkah selanjutnya, anda tinggal menentukan harga jasa laundry anda. Lebih baik untuk menentukan harga jasa anda, anda harus survey terlebih dahulu competitor jasa anda yang terdekat dengan jasa laundry anda. Ada berapa jumlah competitor yang terdekat dengan lokasi anda, dan apa saja yang mereka tawarkan sehinga pelanggan bisa menggunakan jasa mereka. Dan lihat apa saja yang tidak di miliki para pesain anda, sehingga anda bisa mengambil kesempatan. Ketika anda memulai bisnis ini, salah satu cara untuk menarik pelanggan dan konsumen pertama kalian adalah memberikan promo diskon yang bisa menarik para pelanggan berdatangan.
Setelah semua step sudah di lalui, anda sudah bisa memulai bisnis baru anda, ketika anda mendapat Pelanggan tetap membuat jasa anda semakin meningkat dan yang pasti profit untung yang anda dapat juga semakin besar guna memperluas atau bahkan membuka cabang ditempat lain. Mendapatkan penghasilan yang lumayan besar ternyata bisa anda dapatkan dengan melihat sisi lain dari kegiatan di sekitar lingkungan anda. bahkan dengan membuka jasa laundry kiloan ini anda dapat memberikan lowongan pekerjaan untuk orang lain, karena tidak mungkin bagi anda untuk melakukan proses penerimaan pelanggan, pencucian serta menyetrika oleh anda sendiri. Bisnis yang sangat ber kompeten dan tidak ada salahnya untuk mencoba nya’

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *