×

Blog

Pengertian Mengenai Digital Printing Yang Harus Anda Ketahui

 

Bagi orang-orang yang menggeluti bisnis print kain, jersey, spanduk, banner, dan lain sebagainya, tentu saja mereka sudah tidak asing lagi dengan teknik digital printing. Ya, Digital printing itu sendiri adalah suatu teknik percetakan dari gambar text yang berbasis digital serta melalui file, yang kemudian nantinya dapat di cetak langsung dengan berbagai media secara ringkas dan singkat. Selain itu, digital printing juga adalah hasil inovasi dari kemajuan konvensional yang menjadi digital. Tentu saja kehadiran teknik digital printing ini akan memudahkan para pelaku jasa print kain, jersey, dan sebagainya, dalam memproduksi orderan dengan jumlah banyak maupun satuan.

Dengan kelebihan yang ada padanya, banyak para pengusaha sablon konvensional yang mulai beralih ke jasa print kain dengan teknik digital printing. Namun yang jadi pertanyaannya disini, bagaimanakah proses cara kerja dari digital printing? Nah, biar lebih jelasnya lagi, simaklah baik-baik penjelasannya di bawah ini.

– Screen printing : file gambar > film > screen > media

– Offset printing : file gambar > film/CTP (computer to plat) > mesin > media

– Digital printing : file gambar > mesin > media

Keunggulan Dari Menggunakan Digital Printing Yang Harus Anda Ketahui :

  1. Waktu produksi menjadi lebih ringkas dan lebih efisien lagi.
  2. Proses produksinya menjadi lebih singkat, dan juga hasil cetakkannya dapat langsung terlihat.
  3. Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak, dikarenakan proses produksi yang lebih sedikit.
  4. Proses pengerjaan yang tidak memakan banyak waktu, sehingga akan lebih mudah lagi dalam meproduksi. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan digital printing ini.
  5. Dapat mencetak print dengan jumlah sesuai keinginan, sehingga bisa menerima orderan dalam jumlah yang sedikit.

Kekurangan Dari Menggunakan Digital Printing Yang Harus Anda Ketahui :

  1. Dalam hitungan satuan cost produksi lebih tinggi daripada percetakan offset / sablon manual.
  2. Proses pengerjaaan yang sangat simple, ringkas, efisien, dan efektif, sehingga banyak para pelaku bisnis sablon yang beralih ke teknik digital printing. Itu artinya, persaingan dalam dunia bisnis printing pun akan semakin lebih ketat lagi.

Jenis-jenis Digital Printing Yang Harus Anda Ketahui :

  1. Large Format Digital Printing

merupakan mesin printer yang memiliki ukuran besar, yang biasa digunakan untuk mencetak banner, spanduk, neon box, banner dan objek besar lainnya.

  1. Screen digital printing / sablon digital untuk kaos

merupakan mesin sablon khusus kaos digital yang dapat langsung di cetak pada kaos tersebut, serta akan menghasilkan kualitas sablon yang jauh lebih bagus lagi daripada sablon manual.

  1. Digital Offset Printing

mesin printer digital yang dapat mencetak objek kertas seperti kertas HVS, art paper, matte paper, duplek, fancy, ivory, dan lain sebagainya. Tentu saja mesin ini merupakan solusi terbaik agar bisa mencetak dengan jumlah satuan.

  1. Mug / Keramik Printing

merupakan mesin print yang dikhususkan untuk objek keramik seperti gelas mug, mangkuk, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *